Cinta Paling Rumit



Tulis Judul yang SEO Friendly
Caption gambar


Identitas Buku           :
Judul Buku                  : Cinta Paling Rumit
Pengarang                   : Boy Candra
Penerbit                       : KataDepan
Tahun Terbit                : Februari 2018
Kota Penerbit              : Depok, Jawa Barat
Cetakan                       : Ketiga
Jenis Buku                   : Nonfiksi (Kumpulan cerpen)
Tebal Buku                  : v + 332 halaman
Ukuran Buku              : 13 x 19 cm
Tebal Buku                  : 19 mm
Jenis Kertas                 : Book Paper (Kertas buku)
Cover                           : Soft Cover
Sinopsis Buku Cinta Paling Rumit
Dari sudut kota yang jauh. Perasaan kepadamu tetaplah hal yang utuh. Sebab kamu bagian dari rencana-rencana besarku. Bagian penting dari hal-hal yang kumiliki dalam hidupku. Maka, bertahanlah di sana tanpa rasa curiga. Tanamlah dalam dadamu apa yang aku perjuangkan sepenuh jiwa.
Bersabarlah disana, biar kukembangkan lebih lebar lagi sayapku disini. Semoga tidak lama lagi semesta memisahkan kita. Agar segala yang membuatmu cemas dan ragu bisa tiada.
Boy Candra dilahirkan pada tanggal 21 November 1989 di Kampung Parit, salah satu desa kecil di Sumatera Barat, Tanah Minangkabau. Aktif menulis sejak 2011.
Cinta Paling Rumit adalah buku ketigabelasnya yang diterbitkan. Genre buku-buku yang ditulisnya seperti novel, kumpulan cerpen, buku puisi, dan buku prosa non-fiksi remaja. Kini, Ia sedang menjalani pendidikan pascasarjana di salah satu Universitas Negeri di Sumatera Barat bidang Manajemen Pendidikan. Selain menulis buku, ia juga sering mengisi pelatihan/seminar penulisan kreatif di berbagai tempat di Indonesia. Aktif di berbagai media sosial dengan nama: boycandra.
Buku “Cinta Paling Rumit”, banyak pembaca yang terkecoh dengan judulnya yang terkesan bercerita tentang cinta anak remaja yang terpendam, bertepuk sebelah tangan, dan semacamnya yang biasa dibahas penulis. Buku ini juga bukan kumpulan tulisan-tulisan puitis ala Boy Candra, tetapi buku ini adalah kumpulan cerpen tentang cinta. Cinta disini diartikan oleh penulis lebih luas lagi. Ada cinta kepada Orang Tua, idealisme, impian, keadilan, dan lain sebagainya.
Cerpen pertama yang dinamakan seperti judul bukunya, “Cinta Paling Rumit”, memang temanya tentang cinta pada umumnya. Si A suka sama si B tapi si B gak sadar dan malah suka sama si C dan ternyata si D yang diam-diam juga suka sama si A. Tetapi pada cerpen selanjutnya mulai bergeser dan ini yang membuat saya terkejut dan semakin menikmati tema segar yang ditawarkan penulis. Lembar demi lembar saya lahap tanpa jeda dan saya semakin suka dengn tema-tema yang ditawarkan. Benar-benar kekinian. Ada isu politik, minat pembaca di Indonesia, royalti penulis, hingga yang paling ekstrim tentang seseorang yang bunuh diri karena patah hati dan divideokan. Sungguh pembaca dibuat menggelengkan kepala karena sepertinya penulis mulai merasa harus bereksplorasi dengan tema yang lain.
Kalimat demi kalimat yang ditulis Boy Candra berhasil membuat saya hanyut dalam keindahan dan penggambarannya yang begitu nyata. Tidak seperti novel lain yang hanya menekankan kalimat-kalimat puitisnya dibandingkan pengolahan emosi pembacanya dan konfliknya pun terkesan datar, pada novel ini sudah berkembang gaya tulisannya, alur konflik yang kompleks, twist ending dan saya mulai merasakan emosi yang kuat ketika membacanya. Bahkan, ada yang berhasil membuat saya bergidik ngeri sekaligus ngilu dengan penggambaran bunuh diri di cerpen “Ashiran Munak Penulis Yang Mati Bunuh Diri Itu Adalah Kekasihku”.
Cerpen terbaik dalam buku Cinta Paling Rumit ini adalah “Di Kedai Kopi Cepat Saji Ibu Kota Itu”. Menurut saya, cerpen ini sangat indah dan menonjok sekali alurnya. Diawali dengan kalimat puitis dan diakhiri pula dengan kalimat puitis. Emosi yang dihadirkan begitu kuat sehingga saya merasakan apa yang dirasakan tokoh di cerpen itu. Cerpen ini juga membawa tema patah hati, sahabat baik, orang tua yang selalu mendukung dan impian yang harus selalu dikejar. Perasaan kita pun selalu diaduk-aduk di cerpen ini.
Di buku ini pula ada beberapa cerpen absurd dengan imajinasi liar yang tak akan masuk logika. Misalnya ada “Kisah Gagak dan Ayam Hutan” yang bercerita tentang negara ayam hutan yang mulai dikuasai oleh kaum pendatang si Gagak, lalu ada juga “Hantu” yang bercerita tentang seseorang yang cinta sama hantu, selanjutnya ada “Dia yang Dilahirkan dari Kesedihan” yang bercerita tentang perempuan patah hati yang bisa melahirkan ular. Jujur saja, saat pembaca menyelesaikan cerpen-cerpen itu pasti akan merasa heran dan bagi para penggemar karya Boy Candra akan tidak menyangka seorang Boy Candra bisa membuat cerita seperti ini.
Kekurangan Buku “Cinta Paling Rumit”
Berbicara mengenai kekurangan dalam buku ini, ada beberapa sudut pandang yang dipakai dalam novel ini terkadang membuat pembaca pusing. Karena kadang saya pun merasa terkecoh apakah yang dibicarakan seorang wanita atau pria karena gak konsisten. Dan itu pasti membuat kita terkadang harus mengulang lagi dari awal.
Kelebihan Buku “Cinta Paling Rumit”
Kelebihan buku Cinta Paling Rumit ini tentu porsinya jauh lebih besar daripada kekurangannya. Karena saya sangat suka dan jatuh cinta pada buku ini. Tokoh-tokoh yang memiliki sifat beragam, twist ending yang apik, alur yang roller coaster, dan tema yang ditawarkan sangat membuat pembaca terpukau. Ada kepuasan tersendiri ketika selesai membaca buku ini.
 Jadi, untuk kalian yang sedang patah hati, sedang bosan butuh hiburan, butuh pemikiran baru, butuh pembaruan wawasan seputar politik & idealisme, bahkan yang butuh analisis mendalam seputar psikologis dan keadaan dunia, maka kalian bisa dan harus baca buku Cinta Paling Rumit ini. Buku ini tidak melulu tentang cinta, ada banyak hal yang juga dibahas disini.Source

Categories:
Similar Books