Ebook TURUTAN untuk metode belajar mnegaji khas metode lama


Tulis Judul yang SEO Friendly
Cover Turutan
Ebook TURUTAN untuk metode belajar mnegaji khas metode lama
Menuntur ilmu adalah sebuah kewajiban bagi muslimin dan muslimat sebagai mana Sabda Rasul SAW : 
طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة
Namun bagaimana kita mencari ilmu? yakni dengan mengaji, yap mengaji sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh Rasul sebagai mana pernah Nabi belajar pada Malaikat Jibril saat pertama wahyu di turunkan dengan bunyi "Iqro'".
Meski demikian, belajar mengaji tak langsung serta merta langsung bisa seperti membalikan telapak tangan. Tahapan demi tahapan, bahkan perlu banyak nya latihan agar terbiasa. seperti hal nya mengaji Al-Qur'an.
Dahulu banyak metode yang pernah di ajarkan oleh Nabi, sahabat dll. Maka Di jaman sekarang pun banyak sekali metode, mulai dari Iqro', Tilawati, Yanbu'a, Qiro'ati dll.
Namun, penulis tidak mengalami metode tersebut, penulis belajar mengaji dengan metode turutan. yakni metode yang seingat penulis apabila Guru membaca, maka murid mengikuti bacaan Guru, dan membiasakan membaca. 
Di kutip dari salah satu website "Turutan merupakan salah satu sarana untuk mempelajari Al-Qur'an dengan metode Al-Baghdadiyah yang lebih menekankan pada sorogan atau hafalan. Turutan sebelum adanya Iqro sangat terkenal di kalangan para pelajar. Namu semenjak adanya Iqro metode ini pun perlahan mulai ditinggalkan. Namun ada sebagian pelajar atau ustad maupun guru mengaji yang tetap menggunakan Turutan sebagai sarana mereka mengajar atau belajar Al-Qur'an.Source
Di era digital, membaca Al-Qur'an dan belajar nya sungguh sedikit sekali, namun.... sebagian merubah media cetak agar mampu menyebarkan syi'ar dengan mempublikasikan ktab, buku dll dengan bentuk digital. 
Kali ini pun turutan yang pernah penulis pakai selama belajar akan di bagikan di sini, semoga metode ini masih tetap di pakai demi tersyiarnya Agama.

Categories:
Similar Books