Al-Mufrodat Fi Ghoribil Qur'an (Kamus Al-Qur'an)

    Sebelumnya saya telah share kamu Al-Alfaazh Buku pintar memahami kata-kata dalam Al-Qur'an, kali ini saya ingin membagikan Al-Mufrodat Fi Ghoribil Qur'an (Kamus Al-Qur'an). Buku ini tidak jauh berbeda dengan buku Al-Alfaazh tapi kenapa saya share? Kan kalau kamus sama aja? Tentu kamus itu memang berfungsi sama, namun dalam hal penggunaan memiliki peran masing-masing, karya manusia belum tentu sempurna, maka dari itu saya share untuk saling melengjapi. 
    Kamus ini menjelaskan kosa kata gharib atau asing dalam Al-Qur'an, inilah yang membuat kamus ini berbeda dengan kamus  Al-Alfaazh. Namun, ghorib dalam kosa kata berbeda dengan ghorib ayat dalam Al-Qur'an tentunya. Karena kosa kata ghorib dan ayat ghorib berbeda, tentu akan saya bahas berbeda pula di artikel lainnya, inshaallah. 
    Dan apabila dalam kamus Al-Alfaazh tidak menemukan kata tertentu, tentu kita bisa membuka di kamus lain yang tentunya dapat melengkapi kosa kata kita dalam memahami kandungan isi Al-Qur'an. Tentunya dalam hal kosa kata asing (ghorib).
    Namun, seperti biasa sebelum menggunakan kamus, kita harus tahu dulu sistematika penyusunan kamus dan cara penggunaannya, seperti contoh ketika menggunakan kamu Fathur Rahman. Kamus kosa kata Al-Qur'an dalam hal letak ayat, cara mencari nya kita hanya mencari kata kerja atau kata benda dan yang lainnya yang sedikit mendekati, ketika kita mencari dan menemukan kata yang sama maka kita akan mengetahui, ayat berapa dan surat apa saja ayat tersebut yang memiliki kesamaan ada dalam Al-Qur'an, karena sama, maka bisa saja ayat tersebut merupakan ayat mutasyabihaat.
    Sampai disini tentunya anda sangat faham bagaimana cara menggunakan kamus, baik itu kamus bahasa, kamus ayat, atau yang berbau kamus.
Buku ini terdiri dari 3 Jilid yang akan saya share sekaligus, tidak akan terpisah dengan beberapa postingan, karena akan sangat membosankan artikel yang sama pembahasannya namun berbeda postingan, hehehe.
Untuk bisa download dan koleksi kamus nya, bisa di download di bawah ini. Semoga bermanfaat.
Categories:
Similar Books